Sentul Jaya

Kaki-kaki pada mobil adalah sebuah rangkaian yang rumit namun sudah disederhanakan oleh para ahli saat diaplikasikan pada sebuah kendaraan. setiap merk atau tipe mobil memiliki rangkaian kaki-kaki yang berbeda, namun fungsi kaki-kaki tetap satu yaitu untuk menstabilkan, menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkemudi. kaki-kaki mobil biasanya mengalami penurunan performa setelah digunakan perjalanan jauh.

Perawatan kaki-kaki mobil tidak kalah penting dengan perawatan mesin mobil. nah berikut ini adalah komponen yang menjadi bagian dari kaki-kaki kendaraan:

Ban

Saat berbicara mengenai kaki – kaki mobil maka tak akan bisa lepas dari ban. setelah melakukan perjalanan panjang biasanya satu bagian mobil yang paling berasa dampaknya adalah ban mobil. hal ini dikarenakan ban lah yang mendapatkan gesekan langsung dari aspal dan ban lah yang bekerja paling keras dalam setiap perjalanan.

Oleh karena itu, perawatan ban sangatlah penting untuk dilakukan bagi setiap pemilik mobil. cara termudah untuk merawat ban adalah dengan melakukan rotasi ban, rotasi ban adalah cara paling aman untuk menjaga keawetan ban dan kenyamanan ban mobil anda.

Suspensi

Komponen pada kaki-kaki mobil yang berfungsi sebagai peredam kejutan atau getaran yang terjadi pada kendaraan akibat jalanan yang tidak rata. jika suspensi anda bermasalah dapat membuat berkendara menjadi tidak nyaman dan juga mobil anda menjadi lebih sulit dikendalikan.

Tierod

Tierod merupakan komponen pada kaki-kaki mobil yang memiliki fungsi sebagai penghubung kemudi dengan pengikat roda agar roda mobil dapat dibelok-kan ke kanan maupun ke kiri. bentuk tie rod adalah bundar kurang lebih besarnya seperti kelereng.

Sama seperti lainya yang sangat penting untuk dijaga karena daya ikatnya bila melonggar dapat mengakibatkan bunyi-bunyi dibagian roda serta membuat roda menjadi tidak stabil.

Ball joint

Sesuai dengan namanya ball joint, memiliki bentuk yang menyerupai bola. dengan posisinya yang berbeda pada dudukan roda dan juga sebagai penghubung lengan ayun, memudahkan untuk suspensi bergerak yang menahan roda gar tidak lepas dari chassis.

Cara untuk mengetahui apakah ball join pada mobil anda masih dalam keadaan baik ataupun tidak dengan membawa mobil berkendara pada kecepatan 50 – 60 km/jam lalu melalui jalan yang agak rusak atau berlubang, jika kendaraan menjadi sulit dikendalikan maka ada kemungkinan ball join kendaraan anda rusak.

Bushing arm

Adalah bagian kaki-kaki mobil yang fungsinya adalah sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkeram roda, komponen ini berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet. bushing arm juga bertanggung jawab untuk meredam geteran yang terjadi pada sambungan antara komponen suspensi pada bagian kaki-kaki mobil.

Pada umumnya bushing memiliki dua jenis berdasarkan tempatnya, yaitu bushing stabilizer sebagai pengikat ke chassis mobil dan menyeimbangkan kedua suspensi kiri dan kanan. sedangkan bushing swing arm untuk meredam geteran pada saat mobil berjalan.

Jika bushing arm mengalami kerusakan maka kondisi mobil tidak akan nyaman untuk dikenderai. selain itu, suara bisingnya turut membuat berkendara menjadi tidak nyaman, cara mudah mendeteksi kerusakan bushing arm adalah dengan mengamati arah laju mobil yang dikenderai. jika terasa melenceng ke arah kanan atau kiri (pengemudi mendapatkan tekanan pada kemudi mobil untuk lebih condong ke suatu arah) maka bushing arm mobil anda harus segera diperbaiki.

Bearing (laher)

Ini merupakan bagian vital yang paling penting dari kaki-kaki mobil. komponen ini merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk menjadi bantalan roda sehingga sangat mempengaruhi putaran roda. selain itu bearing juga sangat memberikan pengaruh terhadap kestabilan laju mobil.

Cara mendeteksi kerusakan mobil ini adalah dengan memperhatikan putaran roda satu per satu. dongkrak ban mobil anda satu per satu dan putarlah roda secara manual. jika terasa ada suara gemuruh atau bising berarti bearing mobil anda mengalami masalah. cara mengobatinya adalah mengganti bearing yang rusak.

Cara merawat kaki-kaki

  1. hati-hati dalam berkendara

Anda harus dapat mengendalikan diri anda dan mobil anda saat melalui jalan yang tidak rata (rusak) jika anda ingin merawat kaki-kaki mobil agar tetap prima dan tidak cepat rusak. usahakan agar roda-roda tidak terhentak (menabrak lubang) pada jalan yang rusak.

  1. perhatikan tempat parkirmu

Hal yang kurang diperhatikan oleh orang banyak ketika memarkirkan kendaraannya, padahal hal ini dapat menjadi faktor yang merusak komponen kaki-kaki mobil secara perlahan. yang harus diperhatikan adalah permukaan tempat parkir sebaiknya rata (pastikan tekanan yang diterima oleh ke-empat ban adalah sama). kemudian hindari parkir kendaraan dengan keadaan ban / stir dalam keadaan belok.

  1. gunakan ukuran standar

Setiap mobil memiliki standarisasi sendiri untuk ukuran velg dan ban, jika ingin tampil beda dengan memodifikasi bagian velg dan atau ban, perlu memperhatikan keseimbangan dan keselaran ukuran yang tepat. jangan lupa untuk meminta saran kepada ahlinya.