Sentul Jaya

Kopling adalah salah satu komponen powertrain mobil yang berfungsi memutuskan dan menghubungkan putaran mesin. sedangkan kampas kopling sendiri merupakan sebuah komponen berbentuk piringan yang memiliki lapisan bahan organik seperti keramik. sama halnya dengan kampas rem, lapisan ini juga akan bergesekan dengan sebuah plat besi, akibatnya dalam jangka waktu tertentu ketebalan lapisan organik ini akan menipis akibat gesekan.

Ketika ketebalannya hampir habis, maka plat kopling seolah tidak dilapisi dengan bahan organik ini, sehingga akan mudah selip karena besi bergesekan dengan bensin dan panasnya juga akan membuat plat ini melekat pada pressure plate sehingga kita akan kesulitan untuk memindahkan tuas gigi.

Namun, karena letah kampas kopling ini yang cukup sulit dijangkau maka pekerjaan penggantian kampas kopling tidak bisa dilakukan secepat mengganti kampas rem. letak komponen ini ada pada flywheel dibelekang mesin yang tertutup transmission housing. jadi saat akan mengganti kampas kopling maka akan dilakukan proses turun transmisi atau pelepasan transmisi dari frame mobil

8 ciri kampas kopling mobil habis

  1. bau hangus

Jika anda melalui jalanan yang memiliki tanjakan yang cukup curam dan anda mencium bau tidak sedap dari mesin, itulah salah satu tanda kopling anda harus diganti. bau itu seperti bau karet yang terbakar.

  1. akselerasi lemah

Akselerasi yang lemah pada saat menginjak pedal gas, dimana mobil anda hanya meraung keras tapi tidak bertenaga.

  1. putaran mesin tinggi

Walaupun akselerasi mobil lemah bukan berarti kinerja mobil terganggu, tapi hal yang dirasakan adalah putaran mesin yang tidak semestinya dan cenderung lebih tinggi dan terkadang menyebabkan suhu mobil yang lebih cepat tinggi. hal ini merupakan akumulasi dari kampas kopling yang sudah aus.

  1. pedal kopling tinggi

CIri ini hanya bisa dirasakan jika anda yang berada dalam posisi mengemudi. jika anda menekan kopling dan perlu waktu lama untuk melepas kopling dan terlalu tinggi dari biasanya dan mobil akan lambat berakselerasi, hal ini mengindikasikan kampas kopling mobil anda perlu diperhatikan sebelum kerusakanya merembet ke komponen mobil lain.

  1. selip kopling

Seringnya kopling anda terselip. hal ini wajar karena kampas kopling anda sudah tidak berfungsi dengan sewajarnya.

  1. tidak bisa / susah oper gigi

ini salah satu tanda fatal bahwa kampas kopling anda sudah benar-benar habis dan ini sangat membahayakan jika anda membawanya karena bisa merusak komponen lain dan biaya perbaikan akan lebih mahal. namun hal ini juga berarti setelan pada kopling mobil anda tidak tepat.

  1. suara gemuruh ketika menginjak kopling

selain sebagai tanda bahwa kampas kopling anda habis, juga sudah merembes ke dekrup koling mobil dan anda harus menanggung biaya pergantian kamps dan dekrup kopling sekaligus.

  1. suara menjerit ketika menginjak kopling

ini juga sebagai pertanda kampas kopling mobil anda sudah habis dan kerusakannya merembes ke laher kopling yang jika anda tetap paksakan untuk melakukan perjalanan maka akan secara total mengakibatkan kerusakan ke keseluruhan komponen kopling anda.

Peringatan! Hindari 3 kebiasaan buruk

  1. kopling gantung

kebiasaan buruk yang harus dihindari yaitu membiasakan menaruh kaki diatas pedal kopling baik saat tidak digunakan akan mengerus ketebalan kopling yang disebebkan oleh terjadinya penekanan pada kopling sedikit demi sedikit.

sebaiknya jika tidak digunakan, janganlah menaruh kaki anda diatas pedal kopling agar kopling tidak mengalami penekanan. memperhatikan hal ini bisa membuat kampas kopling tahan lebih lama dan memjaga kaki anda tidak pegal-pegal

  1. kopling setengah

teknik ini banyak digunakan oleh pengumudi terutama dalam keadaan mobil idle pada posisi miring (tanjakan). gunakan teknik ini secara hati-hati, lebih baik cara ini dikurangi untuk mengurangi kecepatan keausan pada kampas kopling.

sebaiknya anda menjaga jarak aman, dan menggunakan rem tangan anda untuk mencegah mobil berjalan kebelakang (turun)

  1. kopling galak

Kopling bisa menjadi mainan yang menyenangkan. kebiasaan menginjak pedal kopling secara konstan akan membuat tekanan yang cepat dan membuat kopling anda juga cepat aus. jika anda memainkan kopling akan seperti membuat mobil anda maju secara mendadak dan melesat, namun kebiasaan tersebut juga membuat anda merogoh dana lebih sering untuk melakukan pergantian kopling

  1. tips memastikan kampas kopling habis

Pada bagian ini akan dijelaskan tips yang bisa anda pakai untuk memastikan apakah kopling mobil anda benar-benar sudah habis:

  1. nyalakan mesin mobil anda
  2. aktifkan rem tangan
  3. oper gigi mobil anda ke posisi gigi 1
  4. lepaskan pedal kopling dan disaat bersamaan gunakan kaki anda yang lain untuk menginjak pedal rem dan gas secara bersamaan dan perlahan
  5. amati keadaan mobil, jika mobil mati maka kampas kopling anda akan mati ketika pedal kopling diangkat, sebaliknya akan tetap menyala walaupun pedal kopling sudah dilepas